RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas V Semester I
Materi : Tumbuhan Hijau
Disusun untuk melengkapi tugas
mata kuliah Komputer dan Media Pembelajaran ( IDIK4010 )
Oleh :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Materi
Pokok : Tumbuhan Hijau
Kelas / Semester : V / I
Waktu : 2
x 35 menit (1 x Pertemuan)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
A.
Standar
Kompetensi
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
B. Kompetensi Dasar
2.2. Mendeskripsikan ketergantungan
manusia
dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
C. Indikator
1.
Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang digunakan manusia dan hewan untuk makanannya.
2.
Menjelaskan
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
mengerti bagaimana proses fotosintesis.
2.
Siswa mengetahui
asal sumber energi manusia dan hewan.
3.
Siswa dapat menyebutkan manfaat tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.
E. Materi Pelajaran
Tumbuhan Hijau
Fotosintesis berlangsung di bagian daun. Namun proses ini
terkadang juga terjadi di bagian lain
yang mengandung klorofil. Klorofil merupakan zat warna hijau pada tumbuhan.
Klorofil berfungsi untuk menyerap energi cahaya matahari.
Fotosintesis memerlukan cahaya matahari, klorofil, air,
dan karbon dioksida. Air diserap oleh akar dari dalam tanah. Air dari akar
menuju daun. Karbon dioksida diserap dari udara oleh daun melalui mulut daun
atau stomata. Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida kemudian diubah
menjadi karbohidrat dan oksigen dengan bantuan energi cahaya matahari. Apabila
energi cahaya matahari tidak ada, energi cahaya yang lain dapat
menggantikannya. Misalnya cahaya lampu neon. Oleh karena itu, fotosintesis
dapat terjadi pada siang maupun malam hari. Reaksi fotosintesis dapat
dituliskan sebagai berikut.
![]() |
Telah dijelaskan dalam materi sebelumnya bahwa
fotosintesis menghasilkan oksigen. Selain digunakan oleh tumbuhan, sebagian oksigen
dilepaskan ke udara di lingkungan sekitarnya. Oksigen dihirup oleh manusia dan
hewan pada saat bernapas. Tanpa tumbuhan hijau, oksigen lama-kelamaan akan
habis jika digunakan terus oleh manusia dan hewan. Namun, tumbuhan selalu
menyediakan oksigen di alam. Jadi, manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau
agar oksigen tetap tersedia di alam. Tumbuhan hijau juga merupakan sumber
energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan kita berasal dari tumbuhan.
Bagian tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan
makanan sebagai berikut.
1. Akar, contohnya wortel,
lobak, dan singkong (ketela pohon).
2. Batang, contohnya tebu dan
sagu.
3. Daun, contohnya bayam dan
daun kol.
4. Bunga, contohnya kembang kol
dan brokoli.
5. Buah, contohnya jeruk dan
pisang.
6. Biji, contohnya kacang tanah
dan kacang kedelai.
7. Tunas, contohnya rebung
(tunas bambu) dan asparagus.
Selain manusia, hewan juga memperoleh sumber energi dari
tumbuhan hijau. Hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) bergantung secara
langsung kepada tumbuhan. Apabila tidak ada tumbuhan, jenis-jenis hewan
tersebut akan mati kelaparan. Akibatnya, jumlah jenis-jenis hewan herbivora
akan semakin berkurang. Peristiwa ini akan menyebabkan hewan-hewan karnivora
(hewan pemakan daging) menjadi kekurangan bahan makanan. Jadi, hewan-hewan
karnivora secara tidak langsung juga bergantung kepada tumbuhan.
F. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Penugasan
3.
Diskusi
4.
Tanya Jawab
G. Alat,
Media dan Sumber Bahan
1.
Alat Peraga : Diagram proses
fotosintesis
2. Media : Slide sow power point
3. Sumber bahan :
- IPA Saling Temas halaman 38-42. BSE
-
SAIN SD/MI Kelas V
-
Alamku IPA Kelas V
H. Langkah Kegiatan
1.
Kegiatan Awal
(15 menit)
a. Guru mengecek kehadiran siswa.
b. Membangkitkan perhatian siswa.
c. Menumbuhkan sikap kesiapan siswa (readynes).
d. Mempersiapkan media dan sarana pembelajaran.
e. Acuan.
Menyampaikan tujuan dan narasi proses pembelajaran
supaya siswa dapat
:
1) Membayangkan bagian tumbuhan yang dimakan manusia
dan hewan.
2) Mengumpulkan data berbagai bagian tumbuhan yang
dimakan manusia dan hewan.
3) Mendiskripsikan pendapatnya mengenai
pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
f. Kaitan (apersepsi).
Menanyakan materi yang sebelumnya telah dibahas.
Pertanyaan : -
Mengapa kita lemas jika tidak makan?
g. Tes Awal
Menanyakan materi yang akan dibahas.
Pertanyaan : Sebutkan bagian
tumbuhan yang dapat dijadikan bahan makanan?
2.
Kegiatan Inti
( 45 menit)
a.
Secara klasikal
siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang tumbuhan hijau.
b.
Secara klasikal
siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang kenapa kita memerlukan
tumbuhan hijau.
c.
Secara klasikal
siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru, tentang mengapa tumbuhan hijau
ditanam.
d.
Secara klasikal
siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru apa-apa saja manfaat tumbuhan
hijau bagi manusia dan hewan.
e.
Secara klasikal
siswa mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang peranan tumbuhan hijau.
f.
Secar klasikal
siswa memperhatikan penjelasan singkat oleh guru tentang bagaimana tumbuhan
membuat makanannya sendiri.
g.
Secara klasikal siswa
mempehatikan penjelasan singkat oleh guru tentang apa yang dimaksud
fotosistesis.
h.
Secara kelompok
siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, adakah tumbuhan hijau yang
hidup disekitarnya.
i.
Secara klasikal
guru memberikan panduan kerja kelompok dan membagi kelas menjadi 3 kelompok,
yaitu:
1.
Kelompok I
Mendiskusikan bagaimana jika tumbuhan hijau di dunia ini
punah?
2.
Kelompok II
Mengidentifikasikan Manfaat Tumbuhan Hijau Bagi Manusia
dan Hewan!
3.
Kelompok III
Menjelaskan proses terjadinya Fotosintesis!
3.
Kegiatan Akhir
( 10 menit)
1. Siswa
bersama guru
menyimpulkan materi.
2.
Guru
menyampaikan kaitan dan deskripsi pengetahuan akan materi pada
pertemuan berikutnya agar siswa lebih siap dan ada rasa ketertarikan
(coriusity) pada pertemuan berikutnya.
I. Evaluasi
1. Prosedur Penilaian
1. Tes Awal :
Ada
2. Tes Proses :
Ada
3. Tes Akhir :
Ada
2. Jenis Tes : Tertulis dan
lisan
3. Bentuk Tes : I. Pilihan Ganda
II. Uraian
J. Tindak Lanjut
Bilamana hasil tes akhir tidak mencapai target, maka perlu
diadakan remedial untuk siswa yang memperoleh nilai
di bawah KKM dan memberikan pengayaan pada siswa yang memperoleh nilai di atas
KKM.
LEMBAR EVALUASI
I. Berilah tanda silang (X)
pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang kamu anggap paling benar!
1. Apa yang akan terjadi jika
semua tumbuhan hijau didunia punah?
a. hewan herbivora akan mati
b. hewan karnivora akan mati
c. hewan omnivore akan mati
d. seluruh makhluk hidup akan
mati
2. Proses pembuatan makanan
pada tumbuhan dinamakan ….
a. Klorofil
b. Fotosintesis
c. Foto plasma
d. Karbohidrat
3. Proses fotosintesis terutama
terjadi di bagian . . . .
a. akar
b. batang
c. daun
d. bunga
4. Kentang menyimpan makanan
cadangannya di bagian . . . .
a. akar
b. batang
c. daun
d. buah
5. Klorofil pada tumbuhan hijau
berfungsi untuk . . . .
a. sumber tenaga
b. menyerap air
c. menyerap energi cahaya
matahari
d. menghasilkan
oksigen
II. Uraian
1. Apa yang dimaksud dengan proses fotosintesis
itu?
2. Sebutkan
dimana saja tumbuhan hijau menyimpan cadangan makanannya!
3. Sebutkan 3 manfaat tumbuhan hijau bagi:
a. Manusia
b. Hewan
Kunci Jawaban
I. 1. D
2. B
3. C
4. A
5. C
II. 1.
Proses Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan. Yang
berlangsung pada daun dan terjadi pada siang hari, karena proses fotosintesis
memerlukan energy cahaya matahari. Bisa juga malam hari asal ada cahaya yang
menyinari tumbuhan tersebut.
2. Tumbuhan hijau menyimpan
cadangan makanannya pada akar, batang, daun dan buah.
3. a. Bagi manusia :
- Sebagai Penghasil O2
- Sebagai Sumber energi (Makanan)
- Sebagai Penyerap CO2
b. Bagi hewan
- Sebagai sumber energi (Makanan)
- Sebagai tempat hidup
- Sebagai penghasil O2
Kriteria Penilaian
I. Skor : 1
X 5 = 5
II. Skor : 3 X 5 = 15
Skor Maksimal 20
Nilai = Jumlah perolehan skor X 100
Skor
maksimal
Pengesahan
RPP lama ya? belum berkarakter.
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000